Friday, October 26, 2018


Penampil dari KIM Tebing Tinggi.
Medan - Lomba KIM se-Sumatera Utara, pada hari Jum'at 26 Oktober 2018 dibuka pada pukul 09.49. Gubernur Sumatera Utara yang sedianya membuka acara, berhalangan hadir karena ada tugas keluar Propinsi. Sehingga, pembukaan acara diwakilkan kepada Kepala Dinas Kominfo Propinsi Sumatera Utara. Drs. HM. Fitriyus, SH., MSP. Harapannya, acara ini bisa memilih pegiat KIM terbaik untuk menjadi wakil Propinsi Sumatera Utara dalam Pertemuan KIM Nusantara. Acara yang akan berlangsung di Propinsi Banten, melanjutkan acara serupa bertajuk SAIK 2017 di Palembang, Sumatera Selatan. Yang menarik dari tiga anggota Dewan Juri Lomba KIM Sumatera Utara tahun 2018, terselip nama Ketua Forum KIM Kota Surabaya, Cak Boni sebagai salah satu anggota Dewan Juri. 

Juri Pertama adalah  Abdul Rahman Harahap, Sos, M.Si,  (Kepala Bidang Pengembangan SDM, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Medan), kemudian juri kedua, Drs. Hendra Harahap, M.Si. (Dosen/KaJur. Ilmu Komunikasi FISIP USU) dan melibatkan Pegiat KIM Nusantara yang diwakili oleh pegiat KIM Jambangan Hijau, yang juga pegiat KIM Kota Surabaya. Boni disamping menjadi juri ketiga yang praktisi KIM, juga diminta berbagi pengalaman. Bagaimana pergerakan KIM di Kota Surabaya, sampai bisa menjadi eksis dan tahan uji secara lokal maupun nasional. Semoga berkah, dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dari Surabaya untuk Indonesia, pungkas Boni di testimoninya sebelum Lomba.

Lomba KIM tingkat Propinsi Sumatera Utara diikuti 14 KIM dari 33 Kota/Kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Bentuk lombanya adalah Drama, mengangkat kejadian di masyarakat sehari-hari. Ada transaksi komunikasi diantara para pemain diatas panggung. Berbagai konten layanan publik daerahnya dijabarkan lugas. Ditingkahi pantun  Melayu yang khas. Acaranya bagus, konten lokal juga ditampilkan. Sayangnya belum semua KIM bisa ikut andil dalam ajang kompetisi bergengsi antar KIM se-Sumatera Utara ini. Apresiasi Positif kami tujukan kepada Dinas Kominfo Sumatera Utara, bisa melaksanakan  ajang kompetisi bagi KIM. Sehingga pegiat KIM di daerah  bisa unjuk diri dan menampilkan kualitasnya. Maju terus pegiat KIM Propinsi Sumatera Utara. Sampai jumpa pada acara Temu KIM Nusantara 2018 nanti di Banten. (Cak Boni)

0 comments:

Post a Comment