Rabu, 27 Juni 2018



Pakdhe Karwo tanya jawab dengan PPS TPS 06 Kebonsari



Jambangan Hijau – Hari ini, Selasa 27 Juni 2018. Sejumlah 38,85 juta  (data  2015)  warga Propinsi Jawa Timur punya gawe besar. Mensukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur Jawa Timur dan pemilihan Kepala Daerah di 18 Kota/Kabupaten, untuk masa kerja lima tahun mendatang. 



Daftar kota/kabupaten yang melaksanakan Pilkada antara lain adalah :
.             1. Lumajang, kab.
        2. Bondowoso, kab. 
   3. Probolinggo, kab.
        4. Probolinggo, kota.
     5. Pasuruan, kab.  
        6. Malang, kota.
   7. Nganjuk, kab.
J       8. Jombang, kab.
9      9. Kediri, kota.
1     10.  Madiun, kota.
1     11.  Madiun, kab.
1     12.  Maagetan, kab.
1     13.  Tulungagung, kab.
1     14.  Mojokerto, kota.
1     15.  Bojonegoro, kab.
1     16.  Bangkalan, kab.
1     17.  Sampang, kab.
1     18.  Pamekasan, kab.

Sementara itu pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai anak kandung dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur maupun Diskominfo di 38 Kota/Kabupaten turut  terlibat  secara aktif di dalam pesta demokrasi pada tahun ini. Ada yang masuk dalam  jajaran PPS (panitia pemungutan suara) kelurahan/desa, PPK (panitia pemilihan kecamatan) maupun KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara). Beberapa anggota lainnya terlibat sebagai Bawaslu (badan pengawas pemilu) hingga saksi dari Pasangan Calon Kepala Daerah, baik untuk pemilihan Gubernur. Maupun sebagai saksi dari pemilihan kepala daerah, untuk jabatan Walikota maupun Bupati.

Yang istimewa terjadi di Kota Surabaya. Pakdhe Karwo sebagai Gubernur Jawa Timur yang sebentar lagi akan usai masa tugasnya. Setelah beranjak dari Grahadi, Gubernur didampingi Pangdam Brawijaya, Kapolda serta beberapa Kepala OPD di jajaran Pemerintah Propinsi, termasuk Kepala Diskominfo Jatim, sidak ke beberapa TPS. Awal kunjungan ke salah satu TPS di kelurahan Mojo – Gubeng (mabes KIM Mojo), berikutnya kelurahan Keputran – Tegalsari, dipungkasi dengan kunjungan ke kelurahan Kebonsari – Jambangan. Uniknya tiga titik yang dikunjungi merupakan daerah Basis Pegiat KIM Kota Surabaya beraktifitas. TPS 06 Kebonsari sendiri adalah wilayah kerja KIM POKAK dan Jambangan Hijau.

Kami yang mendapatkan kabar akan kunjungan rombongan Muspida Pemprop. Jatim segera bersiap diri. Kamera Nikon D 5100, segera kami cangklong di pundak kiri, sementara HP Samsung Duos pada posisi rekam suara di tangan kanan. Anna Fajriatin, Camat Jambangan segera tiba di tempat bersama dengan Lurah Karah Suwarni, berbicara beberapa saat dengan Indra Fajar Swasana Lurah Kebonsari yang menjadi tuan rumah yang akan dikunjungi. Tidak sampai lima menit Kombes. Pol. Rudi Setiawan memasuki halaman TPS disambut Kapolsek Jambangan dan Petugas yang menjaga TPS 06 Kebonsari, yang bernuansa Piala Dunia 2018 Rusia.

Tepat pada pukul 11.16 menit rombongan Bus Pemprop Jawa Timur tiba di depan halaman TPS 06 Kebonsari. Posisinya tepat di depan Apartemen Sejahtera Kebonsari. Gubernur Jatim Soekarwo adalah pejabat yang pertama kali turun dari Bus. Dilanjutkan Pangdam Brawijaya  Mayjend TNI Arif Rahman, baru kemudian Kapolda Jatim Irjend. Machfud Arifin disusul Kepala Dinas Kominfo Propinsi Jawa Timur, Ir. Eddy Santoso, MM dan beberapa Kepala OPD lainnya. Anna Fajriatin, Camat Jambangan yang bertindak sebagai tuan rumah menyalami pejabat yang turun dari Bus satu persatu dengan sumringah.

Pakdhe sempat masuk ke TPS dan bertanya : “Sudah berapa banyak yang datang mencoblos?” Dan dijawab oleh beberapa orang petugas hampir serempak : “Kurang lebih 60% yang sudah hadir Pakdhe.” Setelah hampir 10 menit bercakap-cakap dengan gayeng Pakdhe Karwo dan rombongan kemudian berpamitan untuk melanjutkan perjalanannya kembali. Kami sempat sebentar bersalaman dengan Kadiskominfo Propinsi. Kemudian selfie berdua sebelum Pak Kadis akhirnya meninggalkan halaman TPS 06 menuju Bus rombongan Gubernur Jawa Timur. Terima kasih Pak Eddy atas kunjungannya, sebuah kehadiran Bapak pada Anaknya. Kunjungan ini akan lebih menguatkan gerakan kami di lapangan sebagai agen informasi lokal yang bermanfaat untuk masyarakat serta terpercaya. (BNPY)

0 komentar:

Posting Komentar