Kamis, 19 April 2018

Jambangan Hijau - Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) adalah warga masyarakat yang didasari rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara sukarela, mengabdi di bidang kesejahteraan sosial. (Kepmensos RI No. 28/HUK/1987). Tugasnya menjadi pendamping/membantu orang lain/yang disebut PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial),  agar mampu membantu dirinya sendiri untuk mandiri dengan partisipasi sosial dan proses pemberdayaan sosial. PMKS sendiri ada 26 kategori. Data tahun 2014 ada 45 ribu PMKS di wilayah Kota Surabaya.

Setiap tahunnya Dinas Sosial Kota Surabaya sebagai Pembina Struktural para PSM melakukan pembinaan dan pemberian penghargaa kepada personal PSM berprestasi. Pada tahun 2018, setelah melalui uji administrasi dan wawancara, terpilihlah 5 finalis PSM Berprestasi. Mereka adalah Masfiyah (PSM Kel. Alun-alun Contong), Rokhimin (PSM Kel. Kedungdoro), Wasitah (PSM Kel. Lidah Kulon), Suparmi (PSM Kel. Medokan Ayu) dan Abdul Rohman (PSM Kel. Kebonsari). Mereka terpilih menjadi yang terbaik tahun ini, ribuan PSM di 154 Kelurahan yang ada di kota Surabaya. Slogan PSM tiada hari tanpa pengabdian, seolah menjadi bukti bagaiman kiprah mereka berlima di masyarakat. Semoga ke depan fungsi PSM di Surabaya semakin meningkat kualitasnya dengan adanya giat PSM Prestasi tiap tahunnya. Tentunya untuk pembangunan sosial kemasyarakatan warga kota Surabaya yang lebih baik.

Hari ini Juri PSM Prestasi tahun 2018 yang terdiri dari : Kuswanto (tokoh literasi dan pustakawan senior Surabaya/LSM Mutiara Rindang), Redatini (tokoh pemberdayaan perempuan/LSM Tunas Bangsa) serta Achmad Rusyad Falut (Mantan Pengurus IPSM Propinsi Jawa Timur/eks. Anggota DPRD Jawa Timur), didampingi  Anisya Soefiantin dari Dinas Sosial Kota Surabaya melakukan kunjungan lapangan kepada lima finalis. Abdul Rohman salah satu finalis saat kami konfirmasi menyatakan juara bukan target utamanya. Yang paling penting adalah bisa bermanfaat bagi warga sekitarnya. Kalau kemudian langkah-langkah yang dilakukannya berbuah prestasi itu hanyalah bonus kecil dari orang lain untuk saya, pungkas Kader JKN KIS kecamatan Jambangan dan pengurus LPMK kelurahan Kebonsari bidang Lingkungan Hidup ini, menutup wawancara kami sore tadi. (Mel/BNPY)

0 komentar:

Posting Komentar