Sabtu, 17 Juni 2017

Jambangan Hijau - Geliat Kota Surabaya yang makin menua. Memasuki usia yang ke-724 th. Daya tariknya menjadi luar biasa. Migrasi penduduk luar daerah, meningkatkan populasi warga kota. Pembangunan pemukiman meningkat, menyita habis lahan pertanian kota. Sistem pertanian Hidroponik jadi solusinya. Diawali dengan proses pembenihan. Tumbuh kuat, baru kemudian ditata sedemikian rupa diatas pipa paralon dengan air mengalir bernutrisi sebagai asupan pertumbuhannya. Kampong Hidroponik Pagesangan sudah menghasilkan puluhan kali panen sawi, seledri dan kangkung. Dikunjungi puluhan kali oleh tamu yang ingin belajar sistem tanam hidroponik. 


Kampong Pinggir kali Surabaya di batas selatan Kota Surabaya ini, menggeliat dan berdaya. Diatas adalah secuplik narasi yang kami buat untuk memperkenalkan aset dan potensi lokal kelurahan Pagesangan kecamatan Jambangan.

Yah.. posisinya adalah paling selatan wilayah kecamatan Jambangan. Posisi ini memungkinkan Pagesangan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Sidoarjo. Baru saja terbentuk KIM Kelurahan Pagesangan yang mengusung nama : KIM BATAS KOTA dengan Ketuanya Bunda Melik Masfiatun. Sang Fasilitator Lingkungan Hidup Kota Surabaya yang bertugas di wilayah Pagesangan. Semoga lekas tumbuh dan berkembang menyusul banyak KIM lain yang sudah lebih awal lahir. Hidroponik akan menjadi aset awal yang dikenalkan kepada khalayak. (BONI)

Link Video :


0 komentar:

Posting Komentar