Kamis, 18 Mei 2017

Photo Jawa Pos Terbitan Sabtu, 14 Mei 2017
Jambangan Hijau, Menyambut Ulang Tahun ke-724 Kota Surabaya, Program Studi Bisnis Hospitaliti Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra Surabaya, dengan inisiasi dari Ketua Forum Kelompok Informasi Masyarakat Kecamatan Jambangan. Kemudian bekerjasama dengan seluruh elemen warga kec. Jambangan mengadakan  JAMBANGAN RECYCLE CARNIVAL 2017.

Pelaksanaannya adalah hari Sabtu, tanggal 13 Mei 2017. Mulai pukul 14.00 sampai 17.00 WIB. Pusat kegiatan di Lapangan Jambangan (75m ke utara dari Kantor Kecamatan). Pelaksanaan Kegiatan : Rombongan Karnaval akan terbagi menjadi dua kelompok.

- Kelompok pertama Warga Karah & Jambangan rencananya akan berangkat dari sisi Utara (PKL Karah) dengan tanda pemberangkatan oleh Komandan Koramil Jambangan.
- Kelompok Kedua, Warga Kebonsari & Pagesangan akan berangkat dari sisi Selatan (Pasar Pagesangan) dengan tanda pemberangkatan oleh Kepala Polsek Jambangan.

Peserta Karnaval terdiri dari  Rombongan kesenian daerah yang diwakili kelompok Reog Ponorogo, Teatrikal Wayang Orang dengan Kereta Kencananya, Drumband dengan defile 100 anak SD, puluhan warga pria/wanita, tua/muda mengenakan gaun Daur Ulang, Kelompok Lansia, Puluhan atlet Olahraga Tradisional berjalan diatas Egrang, dengan berbagai kreatifitasnya ditampilkan sepanjang jalan.

Karnaval di Jambangan ini menggunakan tema Daur Ulang, artinya hampir seluruh peserta karnaval menggunakan kostum atau baju daur ulang yang dipersiapkan oleh warga Kampong Jambangan. Karnaval yang diikuti oleh kurang lebih 2000 peserta, Warga dari 4 kelurahan (Karah, Jambangan, Kebonsari & Pagesangan) yang masuk di wilayah Kecamatan Jambangan. Sekaligus mengajak masyarakat Surabaya untuk lebih peduli lingkungan. Serta memperhatikan tentang daur ulang sampah yang berasal dari rumah tangganya masing-masing dan serta areal sekitar tempat masyarakat tinggal (kawasan perumahan dan perkampungan).

Kegiatan ini merupakan rangkai Student Social Responsibility dari Universitas Ciputra (UC) kepada warga Jambangan. Image Jambangan sebagai pusat kampong daur ulang-nya Surabaya, harus terus dikuatkan. HM Sunar, ST Ketua Panitia lokal Jambangan menyampaikan ke berbagai media yang saat itu hadir meliput “Bahwa sajian semacam JRC pada tahun 2017 ini akan terus kami kembangkan bila perlu sampai bertaraf Internasional!”

Bobbin Nila Prasanta Yudha sebagai Ketua KIM Jambangan Hijau menyampaikan inisiatif awal dari SSR Universitas Ciputra Surabaya ini, berawal dari pengembangan jaringan Kelompok Iinformasi Masyarakat ke Perguruan Tinggi. Dukungan pendanaan yang sangat minim dari Pemerintah untuk operasional KIM di lapangan membuat kami harus kreatif memutar otak saat ingin berkegiatan secara massif  di lapangan. Kegiatan semacam ini akan memberdayakan masyarakat, disamping menguatkan branding  Jambangan sendiri sebagai Kampong Daur Ulang-nya Surabaya.

Tercatat Net TV, Kompas TV, SBO, TV One dan JTV hadir meliput. Dari Wartawan Koran hadir Surya, Jawa Pos, Memorandum & Koran Pojok Kiri. (BONI)

Video link :
https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=4y-d2x7Okhg
https://drive.google.com/file/d/0B1AO_cN2xLr4bzhKUlBEa2R6RDA/view?usp=sharing







1 komentar: