Sunday, May 21, 2017


Jambangan Hijau, hari minggu disaat banyak warga Surabaya bersantai dirumah. Suasana Broadband Learning Centre (BLC) - Taman Prestasi Kota Surabaya cukup ramai. Taman yang terletak di Jalan Ketabang kali. 

BLC adalah fasilitas milik Pemerintah Kota Surabaya yang disajikan bagi warganya gratis. Satu ruang BLC berisi 10 PC dengan koneksi internet. BLC dijaga satu sampai dua orang staf yang bisa memandu siapapun warga kota yang ingin belajar internet. Fasilitas ini adalah bentuk CSR dari PT Telkom Indonesia kepada Pemerintah Kota Surabaya. Ada lebih dari 20 BLC di Surabaya.
  Ada yang ingin mengetahui letak pasti Taman Prestasi? Kita bisa berangkat dari Balai Pemuda sebagai patokannya. Dari sana kita melanjutkan perjalanan ke arah utara. Melewati rumah bahasa dan Gedung DPRD Kota Surabaya, yang terletak di jalan Yos Sudarso. Setelahnya melewati Jembatan Yos Sudarso, kita belok kiri jalan ke arah timur menyusuri Kalimas Surabaya. Kita akan masuk jalan Ketabang Kali sisi Timur. Disana kita dapat menemukan Sentra PKL Ketabang Kali. Setelahnya ada  penampakan Pesawat Terbang Bomber warisan PD II. Dua ratus meter dari PKL kita dapat temukan BLC Taman Prestasi.

Di sekitar Taman Prestasi terlihat banyak warga Surabaya menikmati liburan, bercengkerama di areal taman. Ada yang melihat Perahu Naga di *Kalimas (*baca sungai, arti kali dalam bahasa Surabaya), di seberang panggung terbuka ada beberapa anak sedang bercakap-cakap riuh. Tampaknya hari ini, Minggu 21 Mei 2017 ada even. Balap Perahu Sampan yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga. Berjajar puluhan perahu sampan diatas Kalimas.

Menurut pengamatan kami ada lebih dari 1000 orang yang menikmati suasana di Taman Prestasi Surabaya. Salim, seorang penjual air mineral saat kami tanya sempat bercerita bahwa keramaian di Tapres (taman prestasi) tidak selalu berlangsung seperti siang ini. Kalau tidak ada even apapun warga yang ke Tapres tidak lebih dari 100 - 200 pengunjung. Kalau ramai omzetnya bisa tembus hingga 5 juta rupiah. Wow...!!!!!

Dikotak jualannya terdapat beberapa krat air mineral. Ada Air mineral berbagai merk. Ada teh berbagai rasa dari beberapa merk. Dan ada kotak pendingin, yang menyediakan air dingin bagi pengunjung yang kepanasan dan mencari minuman dingin. Kami sempatkan membeli 13 botol untuk kawan haus sambil menulis di blog www.newjambanganhijau.blogspot.co.id.

Hari ini bersama dengan beberapa kawan pegiat KIM Surabaya, awak KIM Jambangan Hijau belajar kembali menulis blog. Dalam acara " Menulis blog selama 90 menit bersama Bunda Tri. Nama lengkapnya adalah Tri Eko Sulistyowai. Bergelar Master Pendidikan Islam, Tri mengabadikan waktunya menjadi pengajar disalah satu Sekolah Negeri di Kawasan Utara Surabaya. Luar biasanya meski kegiatannya seabreg, siang ini Tri yang biasa disapa Bunda Tri masih meluangkan waktu berbagi ilmu kepada para pegiat KIM yang baru bergabung. 

Barokallohu!!  Semoga berkah ilmunya, Bunda. Terima kasih sudah mau berbagi bersama kami (Boni)

1 comments: