Minggu, 26 Maret 2017

Karah - Jambangan Hijau, Waktu menunjukkan pukul 12.39 saat kami mendapatkan informasi bahwa Gus Ipul pasti akan merapat ke Dermaga PJT I, jalan Karah no. 6, tempat dilaksanakannya Ruwatan Kali Surabaya oleh Konsorsium Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Kantor Perusahaan Umum Jasa Tirta I. PJT I adalah industri plat merah yang bertugas mengelola sumber daya air, wilayah sungai (WS)  Brantas beserta 39 anak sungainya. Sirene Patwal meraung-raung mendekat, jam satu lebih lima  Mobil Dinas Wagub Jatim kemudian memasuki venue. Setelah masuk sebentar ke dalam Kantor PJT, Gus Ipul tampak sumringah keluar kantor menuju kursi yang telah disediakan dan menyalami satu persatu tamu yang hadir sebelum duduk.

Banyak Naga di Kali Surabaya

Pembawa Acara menyampaikan bahwa World Water Day 2017 yang secara Internasional diperingati setiap tanggal 22 Maret kali ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret menyesuaikan jadwal Gus Ipul. KLH melalui program patroli air kali Surabaya, dengan Garda Lingkungannya berhasil menurunkan beban pencemaran kali Surabaya sebesar 15 persen. Melebihi target Gubernur Jatim yang mencanangkan target penurunan pencemaran limbah sungai di Jawa Timur mencapai 12 % sampai dengan tahun 2017 ini. Disampaikan juga rangkaian acara diawali pada pukul 08.30 dengan lomba mewarnai  bertemakan air diikuti oleh PAUD se-Kec. Jambangan dilanjutkan Lomba Fashion Show pakaian daur ulang untuk usia TK. 

Dalam sambutannya Imam Rochani Direktur KLH menyampaikan tujuan Ruwatan kali Surabaya ini untuk berdoa, mendoakan masyarakat stren kali untuk sadar akan pentingnya kali Surabaya. Tidak membuang sampah beserta limbah rumah tangga secara langsung ke sungai, melainkan menyalurkannya terlebih dahulu ke IPAL komunal. Berdoa agar para pelaku industri di sekitar kali Surabaya tidak membuang limbah pabriknya  ke sungai, tapi membangun IPAL (instalasi pengolahan limbah) khususnya limbah B3 (bahan beracun berbahaya). Limbah B3 membahayakan biota sungai dan masyarakat Surabaya. Karena  air kali Surabaya dimanfaatkan sebagai bahan baku PDAM Surya Sembada sebelum di konsumsi masyarakat. 

Camat Jambangan (paling kanan) ikut hadir dampingi Gus Ipul
Janjinya, harapan KLH soal Pembangunan IPAL mengarah ke jumlah ideal akan dia perjuangkan. Disampaikan pula, saat ini Gubernur Jatim sedang melakukan proses Pembangunan Pengolahan Limbah B3 di Jawa Timur. Karena satu-satunya pengolahan Limbah B3 di Pulau Jawa, adanya hanya di Jawa bagian Barat saja. Sementara wilayah Jatim belum memilikinya. Acara dilanjutkan dengan fragmen pentingnya Air Sungai bagi kehidupan mahluk hidup. Baik manusia, hewan ataupun tanaman, oleh dua mahasiswi PTS Surabaya yang bernama Siska dan Rere . Acara berlanjut dengan penanaman pohon di wilayah stren kali oleh Gus Ipul dan Kepala Divisi ASA II PJT I, M. Taufiqurrahman didampingi oleh Imam Rochani direktur KLH. Sebelum meninggalkan venue mereka sempat naik kapal patroli PJT dan menebarkan ribuan benih ikan ke Kali Surabaya. (BoNi)

lihat video teatrikal Siska - Rere, tentang pentingnya air untuk mahluk hidup.


1 komentar: