Kamis, 16 Februari 2017

KiM Jambangan Hijau - Akhirnya setelah menunggu 17 tahun wilayah Kecamatan Jambangan kembali dikunjungi Presiden RI. Kalau tidak ada aral melintang, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 Jokowi akan kembali kunjungi Jambangan. Presiden akan meresmikan Pusat Daur Ulang Jambangan. Salah satu pusat daur ulang modern dengan kapasitas produksi terbesar dewasa ini untuk wilayah Surabaya. Saat kami sambangi, tampak beberapa keistimewaan yang membuat tempat ini dipilih oleh Pemkot Surabaya dan diusulkan untuk menjadi salah satu kunjungan kerja Presiden pada awal tahun 2017. Salah satu yang istimewa adalah di dalam ruangan seluas 20 x 35 m2 tampak puluhan pekerja memilah sampah anorganik berupa botol dan plastik diletakkan pada jalur berjalan. Sehingga plastik atau botol yang sudah terpilah akan berjalan secara otomatis menuju tempat pencacah botol plastik menjadi bijih plastik. Hal menarik lainnya adalah taman yag cukup luas di pintu masuk PuDaR (pusat daur ulang) Jambangan. Tempat yang cukup strategis di bawah jembatan penyebrangan ruas tol Satelit - Waru ini tertutup apik oleh serumpun bambu dan tidak mengurangi estetika wilayah plus tidak berbau. Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang sekarang berubah nama menjadi Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau sebagai SKPD yang bertindak sebagai "tuan rumah" kunjungan Presiden tampak  sibuk. Ranting-ranting pohon yang tampak tidak teratur dirapikan. Deretan pohon di sepanjang jalan masuk mulai dari pintu air rolag di wilayah kelurahan Karah, jalan Karah, Kebon Agung, Jambangan Kebon Agung, hingga Kebonsari tengah dipangkas rapi. Kawat ram pembatas jembatan penyeberangan diatas ruas tol Satelit - Waru dihiasi pot dengan bunga beragam warna. Gundukan tanah sisa pembangunan rumah dan  ruko dipinggir jalan  tidak luput dari perataan oleh bego mini milik  Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan.

Beberapa kunjungan Presiden RI yang bisa kami catat sejak era Soeharto hingga Jokowi. Antara lain adalah sebagai berikut :

16 April 1982 Soeharto (Presiden ll RI) meresmikan pintu air Gunungsari. Yang masuk wilayah Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan.

10 November 2000 Abdurrachman Wahid/Gus Dur (Presiden IV RI) meresmikan Masjid Al Akbar Surabaya & Gereja Katholik Sakramen Mahakudus. Yang masuk wilayah Kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan.

21 Februari 2017 direncanakan Joko Widodo/Jokowi (Presiden VII RI) meresmikan pusat daur ulang Jambangan. Masuk wilayah Kelurahan Jambangan Kecamatan Jambangan. (BőNI)

1 komentar: