Sabtu, 13 April 2013

PENDIDIKAN

Tahun ajaran baru selalu menuai kegaduhan dimana-mana setiap tahunnya. Yang lulus kuliah inginsegera bekerja. Yang lulus SMU/SMK ingin kuliah di kampus negeri. Yang dari SLTP ingin berlanjut ke SMU/SMK unggulan, demikian pula adik-adik lulus SD yang mengejar tiket masuk ke SLTP negeri. Nah.. anak-anak TK tentunya tidak kalah meriahnya, banyak orang tua berlomba-lomba mendaftar ke SD-SD favoritnya masing-masing. Salah satu syarat mutlak masuk sekolah dasar saat ini adalah dapat baca dan tulis.

Tidak sedikit calon siswa SD yang mendaftarkan diri belum bisa membaca karena target yang mestinya dicanangkan di TK tidak tercapai dengan maksimal. Masa bersekolah di TK selama 2 tahun masih kurang untuk mengajari si murid membaca dan menulis dengan baik. Saat ini dengan adanya program pendidikan anak usia dini yang disingkat menjadi PAUD, memiliki peran strategis menghadapi situasi seperti di atas. Anak-anak usia pra TK yang sudah dibiasakan belajar membaca menulis sejak dini, akan memudahkan guru TK nya mengajarkan baca tulis di masa belajarnya yang 2 tahun. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam program PAUD yang sudah berjalan, yaitu bagaimana mereka menfasilitasi bunda-bunda PAUD  dalam meningkatkan kualitas dirinya. Bunda yang berkualitas akan mempengaruhi kualitas anak-anak didiknya di kemudian hari.

Sepuluh sampai duapuluh tahun kedepan anak-anak kita yang tampil, dari hasil pendidikan kita adalah penerus dan pemimpin bangsa dimasa depan. Semoga dengan pendidikan moral yang baik tujuan negara mencapai masyarakat adil dan makmur dapat tercapai. AMIN.

Salah satu link untuk referensi dalam menambah wawasan bunda PAUD dalam mendidik anak-anaknya: http://www.youtube.com/watch?v=oCmI2CM4wrE

0 komentar:

Posting Komentar