Kamis, 25 April 2013


PENGENTASAN KEMISKINAN
Pemberdayaan PMKS

 Surabaya sudah populer dimana-mana, namun kata DOLLY dengan PSK nya jauh lebih WOW!!!  Kalau kita browsing dan tulis kata DOLLY di google maka akan muncul angka 108 juta tampilan.. luar biasa... Sementara itu untuk menampilkan alamat KIM Jambangan Hijau dalam mencapai angka 1000 kali ditampilkan saja harus melakukannya dengan susah payah.. hehehe......

Sejak bergabung menjadi Pekerja Sosial Masyarakat kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan Bu Bambang RT (nama lain Puji) mengkonsentrasikan diri pada pengentasan masyarakat miskin didaerahnya. Pendampingan PMKS kategori masyarakat miskin dengan berbagai latar belakang usia, profesi dan status sosial yang bermacam-macam membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi dalam pendampingannya.

Ada seorang wanita sebut saja A adalah buruh lepas dari sebuah pabrik di sekitar kelurahan Pagesangan. Sebagai pekerja kontrakan si A mendapat upah 50 ribu per hari jika bekerja dan tidak mendapatkan upah kalau dia tidak masuk bekerja. A adalah seorang janda usia 30 tahun an dengan 4 anak yang masih menjadi tanggungannya. Entah darimana asal beritanya tiba-tiba beredar kasak-kusuk di masyarakat kalau A sesungguhnya adalah PSK Terselubung.

Puji Rahayu sebagai anggota PSM yang memiliki UKM jahit/sulam Rapih Ayu serta Endocraft kerajinan olahan Enceng Gondog, kemudian merekrut sebagai  anggotanya dan A menyetor pekerjaannya 2 hari sekali.  Puji menjual tas setoran A di Royal Plaza sebagai ruang pamer dari produk olahan UKMnya. Hasil penjualan tas milik A kini bisa sedikit membantu mengepulkan dapurnya dan menepis isu miring dia adalah PSK Terselubung.

0 komentar:

Posting Komentar