Kamis, 25 April 2013



PELAYANAN PUBLIK
Mitra Jambangan Communication


Keamanan adalah salah satu unsur penting dari Sapta Pesona Wisata, dimana kami warga Jambangan memiliki salah satu ikon wisata religi andalan kota pahlawan Masjid Al Akbar Surabaya (MAS). Menjadi tempat wisata yang aman merupakan salah satu harapan dari kami masyarakat Kecamatan Jambangan. Tidak hanya menjadi kewajiban dari pihak kepolisian, karena andil besar masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Di Jambangan yang memiliki 4 kelurahan, 26 RW dan 126 RT terdiri dari 4 perumahan besar, 6 perumahan terbatas serta pemukiman penduduk yang padat, keamanan lingkungan sangatlah dibutuhkan. Kami memiliki kelompok radio komunitas bernama Mitra Jambangan Communication (MJC) yang menjadi binaan langsung dari Polrestabes Surabaya lewat Polsek Jambangan.

Organisasi swadaya masyarakat yang di ketuai oleh H. Muh. Sunar, ST. memiliki ratusan anggota yang terdiri dari Pejabat Muspika mulai Camat, Lurah, Pengurus LKMK (lembaga ketahanan masyarakat kota), ketua RW, RT sampai petugas security perumahan ataupun hansip di tiap-tiap wilayah Rukun Tetangga. Dengan alat komunikasi HT (handy talkie) anggota MJC memberikan layanan publik berupa pengamanan Area Jambangan.

Beberapa waktu lalu saat isu SARA dan maraknya teroris melakukan aksinya, MJC dengan tim kerjanya berhasil mengamankan seseorang yang diduga seorang teroris. Si terduga teroris tadi berusaha melobi satpam gereja yang merupakan salah satu anggota MJC untuk meletakkan sebuah tas titipan darinya dengan imbalan sejumlah uang. Karena keberatan akhirnya satpam ditinggal begitu saja.

Tidak lama setelah kejadian tersebut satpam mengkomunikasikan peristiwa tadi ke jalur komunikasi MJC, dengan gerak cepat beberapa kawan sempat membagikan berita ini ke Radio Suara Surabaya dan pihak polsek Jambangan. Tidak lama kemudian anggota serse polsek Jambangan bergerak cepat dan berhasil mengamankan laki-laki yang berusaha menitipkan tas untuk dibawa masuk ke dalam gereja. Kejadian ini menjadi sebuah pelajaran bahwa pengamanan area adalah penting.

Mitra Jambangan Communication yang anggotanya sebagian juga anggota KIM Jambangan Hijau lewat kiprah kongkritnya telah membuktikan bahwa menjadi anggota radio komunitas tidak selalu menimbulkan image negative. Dalam kejadian ini yang tampak adalah sisi positif dari anggota radio komunitas MJC. Layanan publik di bidang keamanan warga telah kami tampilkan untuk masyarakat Jambangan dengan konsisten sampai hari ini.

2 komentar:

  1. Kalau untuk Maling Motor (CURANMOR), apakah MJC juga punya cara-cara khusus untuk mengamankan atau menangkapnya ???

    BalasHapus
  2. Ada tips dari kami dan MJC, tahap awal pengamanan adalah dari masing" pribadi pemilik kendaraan, minimal ada kunci ganda. Kedua tempatkan kendaraan di wilayah terbuka yang bisa kita awasi dengan baik, Ketiga kalau ada lahan dalam rmh, masukkan saja kendaraan kita di dalam. Selamat mencoba, semoga berhasil!

    BalasHapus