Rabu, 24 April 2013

PERLUASAN  PEKERJAAN 
Menciptakan Pekerjaan dari Bakat & Ketrampilan yang kita miliki


 Angka pengangguran di masyarakat setiap tahun tidak berkurang namun bertambah sepanjang waktu. Hal tersebut terjadi karena jumlah populasi penduduk bertambah setiap tahunnya, kedua kondisi perekonomian dunia yang lesu menyebabkan beberapa perusahaan yang terimbas juga ikut menjaga stabilitas keuangan perusahaannya. Salah satu kiat yang ditempuh adalah dengan mengurangi jumlah tenaga kerjanya.

Ketersediaan posisi tenaga kerja yang terbatas di perusahan-perusahaan yang ada, mengharuskan kelompok calon tenaga kerja  berjuang keras dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Mencari pekerjaan baru membutuhkan energi luar biasa karena persaingan sesama calon tenaga kerja sangat berat, karena jumlah ketersediaan lowongan lebih sedikit  dibandingkan pencari kerja yang melimpah.  Sehingga solusi paling masuk akal adalah menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Semua bisa dimulai dari kemampuan dan bakat yang kita miliki. Untuk penguatan referensi usaha yang kita miliki, ada banyak institusi pemerintah yang bisa kita datangi sebagai narasumber, misalnya disnaker atau disperindag untuk mengetahui bidang pekerjaan yang saat ini sedang prospektif. Dinkop & UMKM untuk permodalan. Bapemmas, balai latihan kerja maupun berbagai pendampingan pelatihan bidang usaha yang diadakan oleh BKM, CSR ataupun berbagai lembaga penyedia kursus gratis yang bisa kita akses di kelurahan ataupun kecamatan. Akhirnya dengan keikhlasan dan doa yang tulus tidak ada yang tidak mungkin untuk kita lakukan dalam menciptakan lapangan kerja sendiri. Selamat mencoba!  

Saat ini warga anggota KIM Jambangan Hijau di wilayah Kelurahan Kebonsari, telah membentuk UKM (usaha keswadayaan masyarakat) Anggrek I yang di koordinir oleh Ibu Mulyanah Gumono telah aktif mendesain, memproduksi dan memasarkan produk olahan dari kain Blaco. Dengan hasil karyanya berupa tas, dompet, kover galon Aqua, dan berbagai desain unik lainnya sebagai salah satu andalan kelompok UKM.

Untuk menginspirasi dan mendukung keinginan kita berusaha disalah satu usaha mandiri kerajinan kain blaco di bawah ini kami bagi salah satu link tentang usaha mandiri : http://www.youtube.com/watch?v=0Wm-bZhwdq4

0 komentar:

Posting Komentar